Fashion

News

Food

Sports

Food

Technology

Featured

Videos

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Social

Recent Post

Social

Recent Post

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Cari Blog Ini

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Author Details

Templatesyard is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design. The main mission of templatesyard is to provide the best quality blogger templates which are professionally designed and perfectlly seo optimized to deliver best result for your blog.

Navigation


Culture

Breaking

Gallery

Berita Surabaya

Recent comments

Slider

Random

Recent

My Gallery

Pengikut

Random Post

Recent

Pojok Krembangan

Pojok Krembangan

Facebook

Sponsor

AD BANNER

Recent News

About Me

authorHello, my name is Jack Sparrow. I'm a 50 year old self-employed Pirate from the Caribbean.
Learn More →

Technology

Recent

Connect With us

Comments

Facebook

Recent Tube

Pojok Krembangan

Berita Surabaya

Kegiatan KIM

vidio

You are here

Terwujudnya Unity in Diversity di Warung Nasi


Wilayah Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan adalah salah satu kampung yang memiliki cerita sejarah. Khususnya kampung-kampung diwilayah RW 12 dan RW 11. 
Dimana kampung tersebut dahulunya terkenal dengan sebutan"Kampung Ambon" atau kampungnya "Nyong Ambon". Dan salah salah satu contoh penyanyi terkenal yang berasal dari  Krembangan  yaitu Bob Tutupoly yang lahir di kampung Krembangan Wates No.10, termasuk juga penyanyi Franky Sahilatua asli arek Suroboyo juga sering masa mudanya bermain di kampung Krembangan Selatan, begitu cerita yang sering kami dengar dari para sesepuh Kampung.



Di kampung kami Krembangan Selatan dari dulu bisa kita lihat kebiasaan yang sangat baik atau perilaku positif masyarakatnya, Dimana keberagaman agama, ras, etnis, status sosial, serta berbagai macam unsur bukanlah hal yang menjadi masalah, karena kami saling menghargai dan menghormati segala adat dan istiadat yang ada, yang multi kultur di wilayah Krembangan Selatan.
Padahal dulu dikampung kami banyak mayoritas  orang Ambon dan Chinese ( yang beragama Nasrani) tetapi kita tetap menjaga persatuan dalam keragaman dengan baik. 

Dapat kita lihat dari foto diatas bahwa di warung nasi pun bisa mewujudkan adanya "Unity in Diversity".
Kenapa sih kok bisa terwujud persatuan dalam keberagaman di warung nasi itu ???....πŸ‘ŒπŸ˜ŠKarena 99% pikiran semua orang sama pada saat berada di warung nasi yaitu sama-sama memikirkan rasa lapar dan ingin menghilangkan lapar yang sedang melanda...hehehe maneh.
Jadi, tidak sempat memikirkan perbedaan warna kulit, agama, ras, suku, dan sebagainya. Saya teringat, kebiasaan atau tradisi dari masyarakat non muslim di wilayah tempat tinggal saya  Krembangan Selatan RW 12 dan RW 11, setiap akhir tahun mengadakan acara makan bersama untuk mempererat rasa persaudaraan dikalangan mereka.

Saya juga masih ingat, dulu saat masih remaja pernah di undang teman-teman yang berasal dari Ambon untuk menghadiri acara pesta Patimura, yaitu acara pesta makan-makan untuk menghormati jasa Pahlawan Patimura, Tidak ada salahnya kalau kita bisa meniru atau mengadopsi hal-hal positif tersebut untuk menjalin persatuan dalam keberagaman.

Bisa kita analogikan warung nasi sebagai pemerintahan Indonesia, pemimpin adalah penjual nasi, masyarakat adalah pembeli nasi, dan hasil bumi adalah lauk pauk. Apabila penjual bisa mengolah masakan dengan enak maka bisa menciptakan rasa kebahagiaan (kedamaian) pada semua pembeli sehingga terwujudnya Unity in Diversity.

Makna atau filosofi yang bisa kita ambil dari kegiatan diwarung nasi tersebut yaitu dengan memiliki persamaan rasa lapar yang sama, sekejap dapat menghilangkan keragaman perbedaan, Perbedaan bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan, alangkah indahnya andaikan kesadaran para orang yang mampu ekonominya ( orang kaya) mau berbagi dengan tetangganya yang kurang mampu hanya untuk sekedar mengundang makan bersama atau pun hanya sebatas minum teh atau kopi, untuk berbagi kebahagian dan memupuk rasa empati peduli pada tetangga yang kurang mampu.
Terlebih lagi bila orang yang mampu tersebut mau mengundang tetangganya yang berlainan keyakinan ( contoh orang muslim yang mampu ekonominya mengundang orang non muslim yang kurang mampu atau sebaliknya ) untuk merasakan kenikmatan apa yang dirasakan orang kaya tersebut. 

Insyaallah semua itu bisa mewujudkan Kebersamaan ( Persatuan ) dalam Keragaman di negara Indonesia ini. Andaikan setiap Orang yang mampu (kaya) peduli berbagi dengan tetangganya untuk melakukan hal-hal tersebut diatas, walaupun hanya sebatas mengajak minum teh atau ngopi bersama tetangga dekat.(~Suwardi)

#keberagamanmasyarakat

https://surabaya.go.id/id/
Facebook: Sapawarga Kota Surabaya
Instagram: https://instagram.com/sapawargasby?igshid=34nxi2ahid9i
Twitter: @SapawargaSby


KIM Pelangi Krembangan

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply