Pojok Krembangan

DADEKNO KREMBANGAN SELATAN BEBAS KUMUH & LAYAK HUNI

Badan keswadayaanMasyarakat (BKM)" Bangkit Bersama" Kelurahan Krembangan selatan Kecamatan Krembangan telah mengadakan Kegiatan  pelatihan ketrampilan membuat Bank sampah,dan daur ulang sampah pada hari sabtu tanggal 21 0ktober bertempat diKantor kelurahan Krembangan Selatan jln.Pesapen Selatan no 4 Surabaya.
Kebangkitan bank sampah sebagai salah satu sumber ekonomi warga surabaya,sebab hasil tabungan sampah bisa digunakan untuk membantu pemasukan warga.disamping itu warga Krembangan menjadikan Lingkungan Wilayah Krembangan Selatan Bebas Kumuh dan Layak Huni.dimana posisi Goegrafis wilayahnya ada di tengah perkotaan.Tepatnya sebelah utara dari tugu Pahlawan ,juga ada gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Jawa Timur.Secara spesifik kecamatan Krembangan Luas wilayahnya: 8,34 km2 dengan kepadaan penduduk 13.730/km2.


Selain mengiatkan Bank sampah juga ada ada sesi pengolahan limbah sampah menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi yaitu pembuatan tas atau piring dari gelas plastik bekas.



Disini juga dapat ilmu dari Faskel cara pembuatan Alat Komposter yaitu: Komposter merupakan suatu alat yang digunakan untuk membuat pupuk cair. Komposter dapat berupa tong sampah plastik atau kotak semen yang biasanya diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Secara sederhana, komposter dapat dibuat sendiri menggunakan tong plastik bekas yang dimodifikasi.
Ukuran komposter dapat disesuaikan dengan skala limbah. Untuk skala limbah keluarga kecil dapat menggunakan komposter berukuran 20—200 liter.

Sementara itu, untuk skala besar seperti limbah rumah makan atau rumah sakit dapat menggunakan komposter berukuran 200 liter.Komposter memiliki instalasi untuk sirkulasi udara di dalamnya sehingga dapat membantu proses pengomposan aerob dan mempercepat proses penguraian sampah. Selain itu, komposter juga mampu menjaga kelembapan dan suhu sehingga bakteri dan jasad renik dapat bekerja mengurai bahan organik secara optimal.

Komposter juga memungkinkan aliran lindi terpisah dari material padat sehingga memudahkan untuk mendapatkan pupuk cair.Bersama dengan aktivator kompos seperti organik dekomposer, EM, dan Green Phoskko, sampah sisa rumah tangga dapat diubah menjadi kompos hanya dalam waktu 10—12 hari. Khusus untuk pembuatan pupuk cair dari limbah organik rumah tangga ini perlu digunakan bio- aktivator, seperti Propuri. Fungsi Propuri memang sama dengan aktivator lainnya, tetapi sedikit lebih praktis dalam penggunaannya. Untuk memperoleh Propuri, Anda bisa menghubung penulis. Berikut langkah-langkah membuat komposter skala rumah tangga dengan ukuran 20 liter.

Semoga apa yang dicita-citakan para kader bisa diaplikasikan ke Lingkungan masing-masing untuk bisa menciptakan program "KOTAKU" Kota Tanpa Kumuh di Kelurahan Krembangan Selatan tercinta ini.

wassalam (Suwardi)

About KIM Pelangi Krembangan

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.